IT-ESEGA merupakan singkatan dari Information Technology Sport Based on The Excellence Games yang merupakan sebuah kompetisi atau turnamen E-Sports yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana. Kompetisi tersebut bertujuan untuk meningkatkan perkembangan komunitas dan industri E-Sports dan mengakomodasi potensi masyarakat dalam bidang E-Sports. Adapun beberapa cabang kompetisi yang diadakan adalah Mobile Legends, dan DOTA 2.
Pada 19 Juli 2020 telah diselenggarakan pertandingan terakhir atau puncak dalam gelaran event IT-ESEGA 2020 yaitu pertandingan semi fnal dan final cabang kompetisi DOTA 2, daftar para pemenang telah didapatkan, IT-ESEGA 2020 telah usai dan berhasil terselenggara dengan baik.
IT-ESEGA tahun ini menjadi menarik karena tetap diselenggarakan walau ditengah suasana pandemi COVID-19. Kadek Arya Putra Permana selaku Ketua Panitia IT-ESEGA 2020 menyebutkan ide IT-ESEGA tahun ini lebih ke membuat acara tetap berjalan, karena acara tahunan himpunan setidaknya tetap berjalan agar sesuai dengan program kerja tahunan himpunan, mungkin tidak bisa dapat hasil terlalu maksimal, tetapi sudah berjalan dengan baik dan lancar. IT-ESEGA 2020 bisa tetap berjalan karena menurutnya masih ada cara lain yang bisa digunakan unuk tmembuat acara IT-ESEGA tetap berjalan yaitu dengan cara online, “karena melihat lomba E-Sports lain masih bisa diadakan secara online walau kondisi seperti ini, jadi kenapa IT-ESEGA tidak?” lanjut Arya Putra.
Berjalannya event IT-ESEGA tahun ini tentunya memerlukan beberapa penyesuaian yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Arya Putra menyebutkan bahwa hampir setengah struktur berubah dari sebelumnya, mulai dari format bagaimana acara diadakan yang sebelumnya di satu tempat, sekarang menggunakan media online, seperti TM (Technical Meeting) dan live streaming yang menggunakan Google Meet dan YouTube, hingga soal mencari pendanaan acara yang sebelumnya dapat dilakukan langsung menuju lokasi sponsor, sekarang tidak dapat dilakukan, hanya dapat menggunakan chat message, bahkan sponsor sulit didapat dikarenakan anggaran mereka banyak dikurangi karena pandemic. Ia juga menambahkan, selain itu ada sisi lebihnya yaitu dengan turnamen online, IT-ESEGA dapat mengadakan lomba dari skala regional menjadi nasional.
Menurut Arya Putra, menjadi ketua kepanitiaan pertama kali dengan adanya pandemic menjadi tantangan yang cukup berat tetapi juga menjadi pengalaman yang sangat berguna.
Informasi lebih lengkap tentang IT-ESEGA dapat dilihat pada laman resmi it-esega.com